Cegah Virus Corona Sekolah Diliburkan 14 Hari

Dunia digemparkan oleh virus yang bernama Corona atau Covid-19. Hingga akhirnya dunia pendidikan islam diantaranya madrasah juga harus ikut melakukan sikap tegas untuk menanggulanginya. Kementrian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur memberi instruksi cegah virus corona sekolah diliburkan selama 14 hari. Keputusan untuk meliburkan para siswa siswi tersebut mengingat bahwa wabah Covid-19 atau Corona ini sudah merupakan kejadian luar biasa (KLB) bukan hanya diindonesia melainkan diseluruh dunia.

Berdasarkan data update senin, 16 Maret 2020 angka infeksi Covid-19 mencapai 173.047 orang di 158 negara. Angka kematian untuk pandemi Covid-19 adalah 6.664 dan pasien yang sudah dinyatakan sembuh menjadi 77.783 orang.

Kementrian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur memberikan instruksi dengan beredarnya surat bernomor : B- 1579 /Kw.13.2.1/PP.00/3/2020 perihal : Penyampaian Kesiapsiagaan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Corona/COVID-19. Unduh Suratnya disini. Kutipan isi dari surat tersbut adalah sebagai berikut :

Melihat perkembangan saat ini terkait covid-19 maka perlu dihimbau kepada Saudara agar madrasah di satuan kerja masing-masing untuk dapat melakukan pembelajaran di rumah mulai dari jenjang PAUD, RA, MI, MTs, dan MA Negeri/ Swasta mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020 di seluruh wilayah Jawa Timur.

Cegah Virus Corona Sekolah Diliburkan 14 Hari

  1. Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di Madrasah dan Ujian Akhir PDF Berstandar Nasional (UAPDFBN) di Pendidikan Diniyah Formal tetap dilaksanakan sesuai jadwal, dengan memperhatikan prosedur kesehatan yang telah ditentukan.
  2. Selama aktivitas pembelajaran dilaksanakan di rumah, dihimbau kepada seluruh wali murid untuk mengarahkan aktivitas anak-anak pada learn from home/belajar di rumah/ sesuai dengan tugas mandiri yang akan diberikan madrasah dan akan dinilai pada saat pembelajaran aktif kembali di madrasah. Bagi Madrasah dan Pondok Pesantren yang berbasis asrama/ma’had/pondok pesantren untuk membatasi aktivitas siswa/santri di luar asrama
  3. Untuk lembaga pendidikan Pondok Pesantren dihimbau tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat sedangkan proses belajar dan mengajar diserahkan sepenuhnya kepada pimpinan Pondok Pesantren.
  4. Mengajak semua warga madrasah, pondok pesantren untuk melakukan doa Qunut Nazilah untuk menangkal penyebaran virus corona.
  5. Surat ini untuk disebarluaskan kepada Kepala Madrasah dan Pimpinan Pondok Pesantren sesuai dengan kewenangannya masing-masing.
Cegah Virus Corona Sekolah diliburkan

Dari paparan isi surat tersebut maka pihak madrasah juga harus mengambil sikap. Dan MI Darul Ulum bersama dengan Madrasah-madrasah diseluruh kabupaten Magetan telah sepakat untuk mengikuti instruksi tersebut serta bersama-sama memerangi virus Corona. Dan berikut instruksi dari MI Darul Ulum Rejomulyo terkait Cegah Virus Corona Sekolah diliburkan.

Kepada Yth
Bpk/Ibu Wali Murid
Kelas 1 sd 6

Assalamualikum Wr.Wb
Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor : 420/1780/101.1/2020, dan surat Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Nomor : B-1579/Kw.13.2.1/PP.00/03/2020 tentang peningkatan Kewaspadaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) Di Jawa Timur, Maka disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Siswa-siswi madrasah mulai tanggal 16 – 29 Maret 2020 belajar dirumah.
  2. Sebisa mungkin berdiam dirumah (jangan karena libur sekolah, lalu jalan-jalan ke tempat wisata, mall atau luar kota )
  3. Selama aktifitas pembelajaran dirumah, dihimbau kepada seluruh wali murid untuk mengarahkan aktivitas anak-anak pada learn home / belajar dirumah sesuai tugas yang diberikan madrasah.
  4. Menjaga kesehatan dengan sering cuci tangan dengan anti septik / sabun.
  5. Selalu berdoa kepada Allah dan memperbanyak baca sholawat, agar semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan.
  6. Mari bersama-sama Memerangi Corona.
    Demikian pemberitahuan ini disampaikan atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu walimurid disampaikan terima kasih.
    Wassalamualikum Wr.Wb

Ttd
MI Darul Ulum Rejomulyo

Siswa Belajar Sendiri Dirumah dengan Metode E-Learning

Demikianlah pemberitahuan yang ditujukan kepada seluruh keluarga besar MI Darul Ulum Rejomulyo. Untuk modul berlajar dirumah dalam waktu dekat akan dibuat e-learning. Mari bersama-sama memerangi Covid-19/Corona.

Post Author: Pralistya AL Mlaricky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *