Ujian Madrasah Hari Pertama, Senyum Semangat Para Siswa Bangkitkan Dunia Pendidikan Indonesia

Sabtu, 27 Maret 2021 merupakan hari pertama Ujian Madrasah Tahun 2020/2021 yang digelar oleh MI Darul Ulum Rejomulyo. Ujian tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas 6 sejumlah 43 siswa. Ujian Mardrasah tersebut akan dijalani siswa sampai pada tanggal 6 April 2021. Ujian Madrasah tahun ini diadakan secara tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan yang sangat ketat tentunya.

Pelaksanaan Ujian Madrasah atau UM tahun 2020/2021 ini dilaksanakan berbasis CBT. Namun tahun ini para peserta bukan menggunakan laptop/komputer yang disediakan panitia melainkan menggunakan ponsel andorid. Panitia sengaja tidak menyediakan Perangkat Laptop agar semua peserta menggunakan ponsel milik pribadi masing-masing. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan protokol kesehatan yang mana akan lebih aman jika mereka menggunakan semua barang milik pribadi.

Pelaksanaan Ujian Madrasah MI Darul Ulum

Heri Supriyanto selaku ketua panitia dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa tahun ini masih dalam situasi pandemi meski sudah jauh berkurang kasus Covid-19 yang terjadi, Oleh karena itu kita menggelar Ujian Madrasah secara tatap muka namun juga kita perketat protokol kesehatan. Diantaranya jarak yang benar-benar kita atur sedemikian rupa untuk mencegah kontak fisik dengan sesama peserta lain. Begitu juga dengan semua peralatan baik peralatan elektronik yang digunakan untuk ujian yaitu Ponsel Android maupun alat tulis lainya semua milik pribadi masing-masing peserta. Dengan demikian upaya memutus rantai penyebaran covid 19 bisa benar-benar dilakukan meski ujian dilaksanakan secara tatap muka.

Tampak senyum semangat para peserta ujian meski setiap harinya belajar secara Daring namun mereka tidak takut dalam menghadapi UM tersebut. Mereka telah yakin dan benar-benar siap dalam menghadapi ujian tersebut. Mereka telah melakukan berbagai persiapan seperti mengerjakan soal soal latihan secara intensif yang diberikan oleh bapak ibu guru serta mempelajari kisi-kisi ujian madrasah.

Ujian Madrasah Yang Digelar Sudah Sesuai POS.

UM ini akan digunakan sebagai acuan dalam menentukan kelulusan peserta didik tingkat akhir. Semua proses dan mekanisme telah disamakan sesuai dengan POS Ujian Madrasah 2020/2021 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Didalam POS UM 2020/2021 Terdapat 4 jenis pilihan model ujian madrasah yang bisa dipilih dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan diantaranya :

  1. Ujian Tulis ( Berbasis Kertas Pensil atau CBT )
  2. Ujian Praktek
  3. Penugasan
  4. Portofoli

Madrasah dapat memilih salah satu atau beberapa bentuk dari ujian madrasah sebagai dasar acuan penentuan kelulusan siswa tingkat akhir untuk tahun ini. MI Darul Ulum sendiri memilih Ujian Tulis dan Praktek untuk menjaga jaminan mutu kualitas lulusan.

Terdapat 12 mata pelajaran yanag diujikan dalam UM tahun ini. yaitu :

  1. Al Qur AN Hadis
  2. Akidah Akhlak
  3. Fikih
  4. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
  5. Bahsa Arab
  6. Matematika
  7. Bahasa Indonesia
  8. Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
  9. Ilmu Pengetahuan Alam
  10. Ilmu Pengetahuan Sosial
  11. Bahasa Jawa
  12. Bahasa Inggris

Sementara itu untuk mata pelajaran PJOK dan SBDP akan diujikan secara praktikum. Semoga Ujian Madrasah ini akan memulai bangkitnya kembali dunia pendidikan indonesia. Semoga setelah ujian madrasah ini sekolah sekolah akan memulai lagi belajar secara tatap muka. Karena pendidikan bukan hanya soal ilmu pengetuhan, namun pembelajaran moral, sosial dan akhlak tentunya harus dilatih dan dibimbing langsung oleh para guru. Yang terpenting adalah protokol kesehatan tetap kita terapkan secara ketat agar rantai penyebaran covid 19 benar-benar terputus hingga hilang tak berbekas di negeri ini. Salam Protokol Kesehatan, Indonesia Sehat Ayo Sekolah Lagi..!

Ditulis Oleh: Pralistya AL Mlaricky

Avatar
Hanya sesorang yang terus mencari sirotol mustakim. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ( Pramoedya Ananta Toer )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *